Peluang Bisnis Tour And Travel di Indonesia

Peluang Bisnis Tour And Travel di Indonesia

Traveling dan berwisata saat ini sudah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat modern, termasuk di tanah air. Sebagian orang yang mempunyai hobby liburan kemudian mencoba merintis bisnis jasa tour and travel untuk mendapatkan keuntungan sekaligus memfasilitasi kegemaran mereka. Bisnis agen perjalanan wisata ini menyediakan beragam layanan contohnya akomodasi wisata, ticketing, hingga jasa agen perjalanan religi. Di Indonesia peluang bisnis tour and travel perjalanan religi juga sangat besar mengingat setiap tahunnya puluhan ribu umat Islam melakukan kunjungan ke tanah suci Makkah. Bepergian ke luar negeri juga bukan hal yang sulit dilakukan lagi, yang terdekat misalnya tour ke Negara Jiran Malaysia.

 

Mencermati Peluang Bisnis Agen Perjalanan

Lalu bagaimana sebenarnya peluang bisnis tersebut? Inilah rinciannya yang semoga bisa memotivasi Anda untuk action dalam merintis usaha ini.

  • Dari Tahun Ke Tahun semakin banyak orang yang menggunakan transportasi pesawat terbang. Saat ini saja diperkirakan sekitar 70 juta orang setiap tahunnya terbang ke berbagai tempat dengan macam-macam tujuan.
  • Maskapai dalam dan luar negeri juga tak mau kalah berkompetisi meningkatkan jumlah pesawat serta rute penerbangan mereka. Salah satu maskapai Indonesia diketahui melakukan pembelian besar-besaran pesawat Boeing USA
  • Bandara-bandara di Indonesia juga terus berupaya meningkatkan layanan serta kapasitasnya mengingat Negara kita ini merupakan destinasi liburan baik wisatawan lokal maupun turis mancanegara. Hal ini tak mengherankan mengingat tanah air kita beberapa kali meraih gelar sebagai salah satu Negara paling indah di dunia oleh media pariwisata internasional.
  • Siapa pun bisa naik pesawat saat ini, sehingga segmentasi pasar tiket pesawat bukan lagi untuk kalangan menengah atas tapi sudah menyentuh ke seluruh lapisan masyarakat.
  • Masa-masa peak dan high season adalah masa panen bagi pebisnis pariwisata dengan peningkatan jumlah konsumen. Pada musim liburan tersebut paket-paket wisata, voucher hotel, tiket transportasi umum darat dan udara, rental kendaraan, hingga jasa antar jemput bandara laris manis.

 

Merintis Bisnis Travel

Setelah mengetahui peluang bisnis tour organizer yang besar ini seharusnya Anda tak perlu ragu lagi untuk segera memulainya. Jangan berkecil hati dulu memikirkan modal yang harus Anda keluarkan karena saat ini semakin banyak pemilik bisnis travel yang besar dan berpengalaman menyediakan kesempatan bagi masyarakat yang ingin berpartisipasi. Hal ini dapat dilakukan dengan program afiliasi. Penjelasan ringkasnya adalah Anda berperan sebagai tenaga pemasar yang menjualkan produk pariwisata dari pemilik bisnis.

Keuntungan yang Anda peroleh berasal dari komisi dengan prosentase sesuai perjanjian yang telah disepakati. Dengan model kerjasama tersebut tentunya Anda tak perlu mengeluarkan modal yang sangat besar, cukup laptop atau komputer dengan sambungan internet serta printer. Bila bisnis sudah mulai berkembang dan mempunyai banyak konsumen Anda bisa mempertimbangkan untuk merekrut 1 – 2 karyawan sebagai tenaga administrasi.

Sebagai pemula bisnis ini dapat dikatakan tak membutuhkan keahlian khusus. Penyedia bisnis afiliasi atau waralaba pariwisata umumnya juga menyediakan support system terkait pemasaran serta manajemen untuk membantu mitra mereka. Selain mendukung para member untuk meningkatkan kesejahteraan, peningkatan penjualan dari para mitra ini juga berdampak pada keuntungan perusahaan, jadi dapat dikatakan merupakan simbiosis mutualisme bisnis yang bagus.

Selain peluang bisnis tour and travel yang cukup besar, usaha ini juga jangka panjang karena hingga hingga saat ini dan seterusnya kebutuhan akan jasa tersebut akan selalu besar dan meningkat. Akan selalu ada orang yang traveling setiap hari, entah untuk tujuan wisata atau perjalanan bisnis sehingga peluang usaha selalu terbuka bagi Anda. Nah, sekarang tergantung kepada Anda bagaimana menyiasati kondisi tersebut agar dapat menjadi jalan rezeki  dan akan lebih baik lagi bila dapat membuka lapangan kerja untuk orang lain.

 

Sebagaimana telah disinggung sebelumnya, banyak orang termotivasi untuk merintis bisnis tour and travel karena mempunyai hobby liburan. Tak sedikit pemilik jasa travel pada awal memulai bisnisnya terjun langsung berperan sebagai tour leader karena belum tersedia dana untuk merekrut guide professional. Di sini Anda juga sekaligus dapat berlibur secara cuma-cuma. Seru, bukan? Bertemu dengan banyak orang dan berkomunikasi dengan mereka keuntungannya tak hanya membuka wawasan tapi juga menambah koneksi Anda.

 

Strategi Bisnis Jasa Pariwisata

Tentu saja ada banyak orang di luar sana yang memikirkan hal yang sama, bahwa peluang bisnis jasa pariwisata ini sangat menguntungkan dan mulai merintis usaha tersebut. Hal ini membuat usaha tour and travel semakin menjamur dan memicu kompetisi yang kian ketat untuk menarik minat konsumen. Anda memerlukan strategi yang tepat untuk tidak hanya bertahan tapi juga meningkatkan penjualan. Langkah pertama yang bisa dilakukan adalah melakukan riset untuk menentukan segmentasi pasar dengan jelas dan setelah itu mulai menjual produk Anda.

Jangan hanya mengandalkan model marketing konvensional seperti mengikuti pameran saja, tapi jangan lewatkan untuk memanfaatkan internet sebagai program campaign Anda. Keuntungan internet marketing adalah Anda bisa menghemat budget untuk promosi, dapat dilakukan kapan saja, dan mampu menjangkau (calon) konsumen tak hanya dari daerah di sekitar gerai offline Anda tapi juga di luar kota bahkan luar negeri.

Tak ada salahnya mempelajari trik-trik optimasi media sosial seperti Instagram dan Facebook, optimasi aplikasi chat misalnya whatsapp dan line, atau membangun website untuk bisnis tersebut. Keuntungan mempunyai website bisnis yang resmi akan membuat usaha Anda terlihat professional, mengesankan, dan terpercaya. Bila Anda bukan ahlinya dalam hal merancang website jangan ragu menggunakan jasa pihak ketiga.

Anda harus memilih partner yang professional untuk keperluan marketing tersebut. Sebelum menggunakan jasa website designer pelajari dulu portofolio perusahaan pilihan Anda. Konsultasikan keinginan Anda yang harus terwakili oleh keberadaan situs tersebut. Website yang bisa menarik perhatian pengguna internet dan meningkatkan peluang penjualan adalah yang mempunyai tampilan rapi, user friendly, dan mudah untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan.

Terdapat dua tingkat dalam marketing online, pertama, promosi dengan target pasar yang lebih umum terkait produk pariwisata yang ingin dipasarkan misalnya paket-paket liburan pada destinasi wisata yang populer serta daya tariknya. Kedua, promosi ini dapat dilakukan bila bisnis Anda sudah cukup besar dan berniat merekrut mitra-mitra affiliate atau reseller. Pada promosi level perusahaan ini Anda dapat menjabarkan mengapa bisnis yang Anda kelola layak menjadi mitra bagi para pemula yang ingin merintis usaha agen tour and travel.

Memadukan sarana promosi offline dengan mengikuti pameran, serta secara online melalui website dan media social, dirasa cukup jitu untuk menargetkan kedua pasar tersebut asalkan dapat dilakukan dengan tepat. Pada awal memulai bisnis keuntungan yang Anda peroleh mungkin belum terlalu besar, yaitu sekitar 5% hingga 7%, sehingga Anda harus memastikan mempunyai omset yang besar agar mendapatkan keuntungan yang juga besar.

Nah, siap mencoba peluang bisnis tour and travel yang cerah ini?

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *